209 - Doa para nabi

15 Doa Mustajab Para Nabi yang Diabadikan dalam Al-Qur'an
Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Kamis, 09 Mar 2023 21:01 WIB


Doa mustajab para nabi dalam Al Qur'an. 

Jakarta - Doa mustajab yang pernah dipanjatkan para nabi dan rasul tercantum dalam ayat-ayat Al-Qur'an, dengan begitu kaum muslim bisa dengan mudah mengamalkannya. Berikut sejumlah bacaan doanya!

Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dalam buku Fiqih Doa & Dzikir Jilid 2 menjelaskan mengapa Allah SWT mencatat doa para nabi dalam Al-Qur'an. Menurutnya, Dia melakukan demikian agar hamba-Nya yang beriman dapat mengetahui cara yang lurus dan benar saat berdoa dan bermunajat kepada-Nya.


Alasan lainnya supaya manusia mempelajari bacaan dan sifat doa para nabi, adab berdoa mereka, hingga kesempurnan penyandaran doa hanya kepada Allah SWT.


Lebih lanjut, Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr mengemukakan, "Barang siapa meneladani para nabi dalam hal itu, niscaya Allah SWT akan membantunya sebagaimana Dia telah membantu mereka, dan menyelamatkannya sebagaimana Dia telah menyelamatkan mereka."


Diketahui bahwa Allah SWT mengabulkan doa-doa yang diucapkan para nabi dan rasul-Nya itu, sehingga ada baiknya bagi kaum muslim untuk mengambil hikmah bahkan mengamalkan bacaan doa mereka.

Baca juga:
3 Doa Mustajab yang Bisa Diamalkan di Malam Nisfu Syaban
Baca juga:
Doa Nabi Adam dalam Al-Quran yang Mustajab untuk Memohon Ampun

Doa-doa Para Nabi dalam Al-Qur'an

Di antara banyaknya doa para nabi dalam Al-Qur'an, berikut beberapa doa yang bisa diamalkan umat Islam sesuai keadaan dan kondisi masing-masing, yang dinukil dari buku Fiqih Doa & Dzikir Jilid 2, dan buku Tafsir dan Makna Doa-Doa susunan Syaikh Bakar Abdul Hafizh Al-Khulaifat:


1. Doa Nabi Adam AS

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ


Latin: rabbanā ẓalamnā anfusanā wa illam tagfir lanā wa tarḥamnā lanakūnanna minal-khāsirīn(a).


Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi." (QS Al-A'raf: 23)


2. Doa Nabi Nuh AS (1)

رَبِّ اِنِّيْٓ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِيْ بِهٖ عِلْمٌ ۗوَاِلَّا تَغْفِرْ لِيْ وَتَرْحَمْنِيْٓ اَكُنْ مِّنَ الْخٰسِرِيْنَ


Latin: rabbi innī a'ūżu bika an as'alaka mā laisa lī bihī 'ilm(un), wa illā tagfir lī wa tarḥamnī akum minal-khāsirīn(a).


Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang-orang yang merugi." (QS Hud: 47)


3. Doa Nabi Nuh AS (2)

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ


Latin: bismillāhi majrêhā wa mursāhā, inna rabbī lagafūrur raḥīm(un).


Artinya: "Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya! Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Hud: 41)


4. Doa Nabi Nuh AS (3)

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ نَجّٰىنَا مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ


Latin: Alḥamdu lillāhil-lażī najjānā minal-qaumiẓ-ẓālimīn(a).

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari kaum yang zalim." (QS Al-Mu'minun: 28)


5. Doa Nabi Nuh AS (4)

رَّبِّ اَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبٰرَكًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ


Latin: rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn(a).

Artinya: "Wahai Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat." (QS Al-Mu'minun: 29)


6. Doa Nabi Ibrahim AS (1)

رَبَّنَآ اِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِيْ وَمَا نُعْلِنُۗ وَمَا يَخْفٰى عَلَى اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ


Latin: Rabbanā innaka ta'lamu mā nukhfī wa mā nu'lin(u), wa mā yakhfā 'alallāhi min syai'in fil-arḍi wa lā fis-samā'(i).


Artinya: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami tampakkan. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit." (QS Ibrahim: 38)


7. Doa Nabi Ibrahim AS (2)

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ وَهَبَ لِيْ عَلَى الْكِبَرِ اِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَۗ اِنَّ رَبِّيْ لَسَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ ، رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ ، رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ


Latin: Al-ḥamdu lillāhil-lażī wahaba lī 'alal-kibari ismā'īla wa isḥāq(a), inna rabbī lasamī'ud-du'ā'(i). Rabbij'alnī muqīmaṣ-ṣalāti wa min żurriyyatī, rabbanā wa taqabbal du'ā'(i). Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu'minīna yauma yaqūmul-ḥisāb(u).


Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(-ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa. Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat)." (QS Ibrahim: 39-41)


8. Doa Nabi Luth AS

رَبِّ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ


Latin: Rabbi najjinī wa ahlī mimmā ya'malūn(a).


Artinya: "Wahai Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari apa yang mereka perbuat." (QS Asy-Syuara: 169)


9. Doa Nabi Yusuf AS

رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ


Latin: Rabbi qad ātaitanī minal-mulki wa 'allamtanī min ta'wīlil-aḥādīṡ(i), fāṭiras-samāwāti wal-arḍ(i), anta waliyyī fid-dun-yā wal-ākhirah(ti), tawaffanī muslimaw wa alḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn(a).


Artinya: "Tuhanku, sungguh Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang saleh." (QS Yusuf: 101)


10. Doa Nabi Musa AS

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ وَاجْعَلْ لِّيْ وَزِيْرًا مِّنْ اَهْلِيْ هٰرُوْنَ اَخِى اشْدُدْ بِهٖٓ اَزْرِيْ وَاَشْرِكْهُ فِيْٓ اَمْرِيْ كَيْ نُسَبِّحَكَ كَثِيْرًا وَّنَذْكُرَكَ كَثِيْرًا اِنَّكَ كُنْتَ بِنَا بَصِيْرًا


Latin: Qāla rabbisyraḥ lī ṣadrī. Wa yassir lī amrī. Waḥlul 'uqdatam mil lisānī. Yafqahū qaulī. Waj'al lī wazīram min ahlī. Hārūna akhī. Usydud bihī azrī. Wa asyrik-hu fī amrī. Kai nusabbiḥaka kaṡīrā(n). Wa nażkuraka kaṡīrā(n). Innaka kunta binā baṣīrā(n).


Artinya: "Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku. Jadikanlah untukku seorang penolong dari keluargaku, (yaitu) Harun, saudaraku. Teguhkanlah kekuatanku dengannya, dan sertakan dia dalam urusanku (kenabian) agar kami banyak bertasbih kepada-Mu, dan banyak berzikir kepada-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Melihat (keadaan) kami." (QS Thaha: 25-35)


11. Doa Nabi Sulaiman AS

رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ


Latin: rabbi auzi'nī an asykura ni'matakal-latī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn(a).


Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku (ilham dan kemampuan) untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk tetap mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai. (Aku memohon pula) masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS An-Naml: 19)


12. Doa Nabi Yunus AS

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ


Latin: Lā ilāha illā anta subḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn(a)


Artinya: "Tidak ada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim." (QS Al-Anbiya: 87)


13. Doa Nabi Muhammad SAW (1)

حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ


Latin: Hasbiyallāhu lā ilāha illā huw(a), 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-'arsyil-'aẓīm(i).


Artinya: "Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan pemilik 'Arasy (singgasana) yang agung." (QS At-Taubah: 129)


14. Doa Nabi Muhammad SAW (2)

رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا


Latin: rabbi zidnī 'ilmā(n)


Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku." (QS Thaha: 114)


15. Doa Nabi Muhammad SAW (3)

رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰحِمِيْنَ


Latin: rabbigfir warḥam wa anta khairur-rāḥimīn(a).


Artinya: "Ya Tuhanku, berilah ampunan dan rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi rahmat." (QS Al-Mu'minun: 118)


Demikian 15 doa mustajab para nabi dan rasul di antara banyaknya doa lain dalam Al-Qur'an, semoga bisa diamalkan ya!
 
Sumber detikcom
Foto: Getty Images/iStockphoto/Husam Cakaloglu

No comments:

Post a Comment

216 - Daily Quote

Norsanina.blogspot.com more Quotes